Tuesday, February 04, 2020

Keselamatan yang sejati dan buah keselamatan


Bagaimanakah kehidupan keKristenan selama ini?
apakah kita sudah menjadi pengikut Kristus yang sejati sesuai Firman Tuhan?
KRISTEN DUNIAWI
KRISTEN AGAMAWI
KRISTEN SEJATI
Tidak semua orang Kristen, benar-benar telah menjadi orang Kristen yang seharusnya (Matius 7:21-23), bahkan Tuhan Yesus sendiri mengatakan, bahwa Ia tidak mengenal mereka :
"Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Jadi, ternyata sekalipun kita merasa sudah menjadi orang Kristen, jika kita tidak sungguh-sungguh mengenal kehendak TUHAN dan menghidupi Firman-Nya

Pernahkah kita merenungkan, bahwa apakah tujuan TUHAN YESUS turun ke dunia untuk menjadi juruselamat kita?





Tujuan keselamatan : 
2 Korintus 5:15 (TB)  Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.

Ya! TUHAN mau, kita hidup untukNya.. hidup yang telah ditebus, dipergunakan untuk rencana dan kehendak TUHAN dalam hidup kita

Filipi 1:21 (TB)  Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. 

Filipi 3:7-14

Filipi 3:7 (TB)  Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. 

1. KEUNTUNGAN KRISTUS = KEUNTUNGAN SAYA
Yang dulunya keuntungan sekarang rugi
Yang dulunya rugi sekarang keuntungan

Pernahkah kita, dalam kehidupan kita.. mengalami titik balik dalam hidup ini? yang dahulunya menyukai kehidupan dosa, kesenangan dunia, tapi ketika berjumpa dengan TUHAN, menyadari kesia-siaan hidup ini... itulah yang dimaksut Paulus, yang dulunya keuntungan, sekarang rugi :)

Sudahkah kita belajar bayar harga, memikul salib, menyangkal diri... ?
Yohanes 3:30 (TB)  Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil. 

Perjalanan keKristenan adalah perjalanan utk "BERUBAH".. berubah lebih baik lagi, berubah untuk memilih kebenaran lebih lagi, pencarian yang sia-sia digantikan dengan mengejar yang menyenangkan hati Bapa

2. Terikat kepada Yesus
Tuhan rindu setiap kita anak-anakNya, tidak takut melepaskan sesuatu, dan melpaskan semua ikatan-ikatan dibumi hanya untuk terikat hanya kepada Yesus. Melepaskan ikatan, berarti kita tidak mencintai siapapun, apapun lebih daripada TUHAN

Filipi 3:8 (TB)  Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus.

Apakah yang kita anggap paling berharga dalam hidup ini ? 
Sudahkah Yesus menjadi yang paling berharga dalam kehidupan kita?
atau malah kita melepaskan Yesus & semua hal-hal yang rohani untuk mengejar yang kita mau, ataukah kita bersedia, dan merelakan melepaskan segala sesuatunya untuk mendapatkan Yesus?

Ciri-ciri org yg terikat pada Yesus :
1. Tidak takut kehilangan (benda)
2. Tidak takut ditinggalkan (orang)
3. Tidak takut ketidakpastian (masa depan)

Terikat kepada Yesus berarti mengutamakan Yesus, hati kita sungguh-sungguh melekat kepada TUHAN, aman dalam TUHAN dan menyadari bahwa TUHAN lah yang berdaulat dalam kehidupan kita.

Jika kita terikat kepada Yesus, apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, kita akan menjadi orang yang memiliki jaminan pasti, dan damai sejahtera yang tetap memerintah didalam hidup ini, dan menyadari kedaulatan TUHAN yang memerintah dalam hidup ini.

Ciri-ciri orang yang Mempercayai kedaulatan Tuhan :
1. Menerima hal-hal yang tidak dapat kita ubah (Orang tua, keluarga, penampilan fisik, kebangsaan, dll)
2. Mengubah hal-hal yg dapat kita ubah (karakter cara kita hidup, kebiasaan & gaya hidup kita, kedisiplinan rohani, dll)
3. Berani melepaskan (dosa, ikatan-ikatan, dll)
4. Rela berkorban (bayar harga dari melayani, mempraktekkan Firman Tuhan)

Apakah ada hal atau seseorang (ambisi, luka2, dll) dlm kehidupan ini yg qta takut utk lepaskan? 

3. KEBENARAN TUHAN diatas KEBENARAN kita

Filipi 3:9 (TB)  dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.

Apakah kita Mau belajar menggantikan standar benar salah kita dengan standar benar salah yang dari Tuhan..?
* Bagaimanakah cara kita memperlakukan orang yang kasar kepada kita (bagaimana ego kita saat itu? apakah kita ingin membalas?)
* ETIKA Melayani? (bagaimana dalam kehidupan kita, pergaulan dengan Jam-jam malam kita, jika ada kebiasaan kita yang dapat menjadi batu sandungan, apakah qta mementingkan keinginan kita? Pemuasan2 kita? ataukah kita beredia untuk mengubah gaya hidup kita yang tidak menjadi berkat?
* gaya hidup kita? gaya berpakaian? cara kita bersenang-senang selama ini?
* Apakah kita memiliki kebiasaan buruk yang merupakan pelarian2 kita..?
* Apakah banyak dalam kehidupan ini yang kita kompromikan ? dosa kecil2... kelalaian.. ketidaktaatan??

Filipi 3:10-11 (TB)  Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,
supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati. 

FOKUS UTK MENGEJAR PENGENALAN AKAN TUHAN : hal2 rohani
Kematian daging...

Many people today live by one very simple rule: The more pursuits they have, the better they are. Hence they will seek after wealth, popularity, power and worldly success. They want to try everything and excel in as many as they can.
But what will all these pursuits finally lead to? And what will they eventually gain from them? Many have been misled into thinking that they are investing their time and efforts accumulating much that is valuable, when all they have obtained are empty assets and worthless investments. None of these things can be kept for eternity or can prepare them for eternity.
It makes good sense therefore, to give up such pursuits all for the one pursuit that has real value both for the present time and for eternity. This is why Paul said in v.7, 'But what things were gain to me, those I counted loss for Christ.' I trust that you will take stock of your life this morning to see whether you are still carrying any deadweight which should be jettisoned, so that you can run your race for the Lord Jesus Christ more effectively. 

sadarilah bahwa hidup kita berharga di hadapan TUHAN, karena sebelumnya kita sangat berdosa dan layak dibinasakan, sehingga hanya TUHAN yang dapat memulihkan hidup kita :


ini video lagu original Miracle Worship :) bisa cek di youtube ya... :)

untuk mendapatkan inspirasi kotbah dan renungan, dapat mengunjungi website Gereja saya ya,
link berikut ini :

No comments:

Post a Comment