Sharing Tips acara Kelompok Sel

Pengen bagi2 ilmu.. (ciieeeh.. ky apa aja)..  bisa dipraktekkan.. krn saya udah perna make, dan cukup bagus untuk pengakraban, penjangkauan... hehehehe...
1. Icebreaker
Kadangkala, komsel yang acaranya itu2 aja bisa buat jenuh,lo.. (pujian penyembahan, renungan, sharing, doa... STD BGT...) jadi bbrp saat lalu, dapet cara baru, yaitu dikasi icebreaker yang bisa menambah pengenalan dan pengakraban satu sama laen.. (oiya, melalui game ini, gembala komsel juga bisa menggali byk ttg anak-anaknya tanpa harus berkesan 'interogasi'...huahahaha...). bagus juga bisa tahu cara mrk berpikir, masa lalu, bahkan kelemahan2 mrk.. he9... melatih 'keterbukaan' (khusus untuk yang baru awal2 komsel.. ) bahkan klo udah lama sekalipun masi ada hal2 yang baru yang bisa kita ketahui sama lain .. gampang banget permainan ini, krn alat2nya simpel.. Alatnya : cuman kertas dan bolpoin.. he9. jadi gembala (ato bersama2 buat pertanyaan ttg segala macam... ) trus potongan kertas itu digulung / dilipat. lalu giliran ngambil. nah, yang ngambil itu harus jawab pertanyaan. apapun... ky game TRUTH or DARE.. tapi ga ada DARE nya.. hohoho..


contoh pertanyaan SERIUS  :
1. sebutkan masing" 3 kelebihan dan kelemahan mu! (ttg karakter, sifat)
2. ceritakan pengalaman yang paling menyakitkan dan membahagiakan (ttg masa lalu..)
3. sebutkan 5 hal yang paling ingin dicapai dalam hidup. dan mengapa? (bisa tahu tujuan hidup, motivasi hidupnya, cita-cita, mimpi, bahkan ambisi pribadi.. hehehehe )
4. sebutkan prioritas" dalam hidup... 
5. benda apakah yang paling berharga?
6. paling suka dan sebel orang yang gmana? (masing" 5 sifat)
7. dsb.. dsb.. buat pertanyaan sedalam, sedetail2nya, yang buat orang 'bercerita'.. hohoho..

contoh pertanyaan LUCU2an/JAYUS jg gpp..hohoho : (biar ada ketawa ketiwi nya juga.. hehehehe)
1. ceritakan pengalaman paling 'memalukan'... 
2. bagian tubuh apa yang paling disukai dan tidak ? mengapa? (ky prtanyaan miss universe..hohoho)
3. ceritakan pengalaman patah hati (ato kisah cinta)
4. sebutkan 3 tokoh alkitab yg paling disukai dan alasannya !
5. klo punya mesin waktu ke masa lalu danmasa depan mw kmana, kapan dan knapa?
6. Klo lagi sebel, sumpek, sedih, bete, apa yang kmu lakukan?
7. dsb.. dsb.. semakin jayus juga gpp... he9... 


yah itu sekilas tentang maen2 pertanyaan.. lucu klo ditaro di toples.. he9.. bisa dikocok2.. (ky undian berhadiah aja.. ^,^)v.. ).. terus digilir deh.. ato bisa juga sistem tunjuk.. ato 'random', puter2 bolpen, botol.. hehehehe... yang jelas tujuan permainan ini untuk 'refreshing' sekaligus pengenalan.. makanya seru juga klo divariasiin dengan prtanyaan lucu.. he8.. permainan ini cepat lambatnya tergantung 'tingkat' kecerewetan orang2 yang terlibat.. he9.. jadi dikira2 sndr jumlah pertanyaannya. Diperhitungkan dgn waktu untuk sharing dan renungannya sendiri,ya! (klo bisa jangan di kelompok besar, krn kurang efektif.. antara 5-8 orang)


oiya.. selaen prtnyaan ky diatas ada juga permaenan untuk pengantar masuk k sharing (bagus untuk komsel perdana..dan orang2nya blon saling kenal.. ^^). alatnya : bola kecil (bisa dibuat dengan kertas yang digulung2, lalu direkatkan dengan lakban..he9). trus maen lempar2an dalam kelompok.. tergantung tema juga atau sekedar perkenalan, misalnya sebutkan nama, jurusan/kelas/semester, makanan kesukaan, dsb".. ato malah sharing.. (buat yang dilemparin bolanya.. hehehe..) trus terakhir diulang jadi kan akhirnya semua hafal nama.. he9.. bagus di kelompok yang cukup besar.. (antara 10-25 orang)

2. Acara 
Selain divariasikan icebreaker, saya juga pernah mencoba komsel santai,.. dengan memasak bersama dan bermain bersama.. he9.. asik juga buat variasi. Jadi dari awal udah bagi tugas, bahan-bahan apa yang harus dibawa.. waktu itu kita buat camilan (pisang keju cokelat... enak.... hehehehe) & es buah... trus masing2 juga ada bawa masakan yang udah jadi.. he9..biar ga ribet gitu.. itu pengalaman pertama komsel masak. Trus, yang ke dua kalinya baru deh masak bersama.. (bersama membantu bagi yang ga bisa masak.. hahahaha.. bantu motong2, nyiap2in bahan, dsb..). tapi seru koq... ^_^
maen bersama waktu itu, qta maen monopoli... hehehehe.... makan2.. es buah.. hmm... yummy.....
foto paling atas dari kiri : natalia, lovie, nancy, olin, elita (intruder...hohoho).. & saya

Klo ada waktu yang puanjaaang.... (biasanya pas tanggal merah) bisa juga buat Komsel full masak2.. (tentunya setelah komsel 'normal'..he9) walopun lama, tapi mengasikkan juga, loh.. hehehehe... ga afdol rasanya klo ga nampilin foto2nya.. dari awal buat sendiri.. klo dikerjain bareng2 ga seberapa lama, loh..
Nasi goreng sea food bumbu tom yam (by nesda), lumpia isi bengkoang (by natalia),.. ca buncis wortel
foto bawah dari kiri : christine, natalia, marlien, nancy, olin, nesda, friska,.. & saya ^^

Ada juga ide ngerujak bersama.. (yang blon diterapin di komsel, nih! ).. yang seperti jaman Kisah para Rasul waktu jemaat mula-mula memecahkan roti bersama, perjamuan kasih.. ^^. makan2 di komsel memenuhi kebutuhan tubuh kita bersama.. (selain roh yang diberi makan melalui pujian & Firman )

Selain yang berhubungan dengan makan-makan.. jalan2 ke mall juga seru.. walopun saya secara pribadi lebih suka yang diatas.. hehehe.. karena klo jalan2, bisa-bisa melenceng dari tujuan semula, 'pengakraban'.. karna semua pada fokus belanja, liat2 barang... ('cewe' gitu... hehehehe)..

Acara-acara surprise ultah juga seru.. hehehe... dapat mempererat persatuan dan kesatuan komsel.. (seperti sila ke3 ajah.. hohohoho...). banyak versi nih yang udah pernah dijalani. ada yang ngasi surprise ke rumah (malem2..) biar mikir 'dilupain'.. dsbdsbdsb.. (klo sempet laen kali deh cerita2 ttg surprise ultah.. ada kesenangan tersendiri merancang acara2 seperti itu.. hehehe.. selain membuat senang orang yang qta kasihi, qta pun senang buatnya^^)

Sekian.. acara komsel yang 'cukup' menarik buat saya... hehehehe... ada yang mau bagi2 tips acara komsel? supaya komsel lebih seru aja, sih.. tapi yang paling penting aalah mengenali kebutuhan tiap individu yang ada di dalamnya (yang paling sulit.. >_< ).. ada saatnya komsel fokus kepada pertumbuhan 'roh' tiap individu, tapi dengan sesekali melakukan hal yang menyenangkan bersama juga perlu, lo.. karena ada 'kehidupan' dan 'kebersamaan' di dalamnya.. he9, yang penting harus seimbang lah.. ^^

5 komentar:

Rangga Immanuel said...

hehe.. ngeliat foto2 komsel km bikin inget komselku dulu. Seru bgt!! Maju terus yah.. Gbu!

JUMP! said...

Happy easter y..

ayu marleen said...

thX all ^_^

joseph said...

dah jaduL yang peremainan gituan,,,,..

tommy tan said...

siiiip,bisa jadi berkat,maju teruuus,GBU

Post a Comment

 
Copyright © Dream Chaser