Tuesday, January 26, 2010

my luphly granny


Pagi ini, ga tau napa,.. koq tadi bangun dengan perasaan yang ga enak.. he9.. truss.. tiba" aja aku kangeen banget dengan beliau.. Walaupun tinggal di satu kota, tapi jarang sekali bisa berjumpa.. T_T.. dengan perkembangan teknologi pun slalu ada halangannya.. berkali2 nyoba telepon.. (sampe mo kesel banget...) ga diangkat2 telepon saya.. hikz.. untunglah.. setelah berdoa.. (minta supaya bs nyambung.. ) akhirnya .. dibales telepon ku.. haizzz... setelah ngobrol2.. hampir 20 menit.. (tepatnya saya yg mendengarkan beliau bercerita dari segala macam.. dari anak2nya, masakan, gereja, kegiatan sehari2..) kuping panas juga.. he9.. akhirnya aku menyudahi pembicaraan yang cukup lama itu.. he9.. tambahan lagi, masih ada hal lain yang kudu dikerjain.. he9.. yah.. beliau adalah emaq kesayanganku.. he9.. nenek, oma, granny.. apalah.. =)


Pengen nulis tentang dy di blog saya.. he9.. karena dia salah satu orang yang berharga bwat aku .. ^^
sedih mengingat bahwa semakin tahun dia akan menjadi semakin tua dan akan semakin sedikit waktunya di bumi.. tapi itulah hidup.. waktu yang terus berlari, tanpa dapat dihentikan.. di satu titik kita masih bisa bersama-sama dengan orang yang kita kasihi, tapi bisa saja suatu saat orang yang kita kasihi akan pergi untuk selama-lamanya.. yah... karena itu, selama beliau masih hidup, dengan kesibukanku, keterbatasanku, aku selalu berusaha menunjukan kasihku pada beliau.. sekalipun mungkin yang kulakukan begitu sederhana, menelepon, menemaninya memasak, ke pasar.. (klo pas pulang.. he9)..

Setiap kali pulang ke rumahnya, aku selalu mendapati dia semakin tua.. Penglihatannya yang beberapa saat lalu bisa melihat TV dengan cukup jelas, sekarang sudah mengabur. Katarak yang perlahan menggerogoti penglihatannya juga menyebabkan dia gak bisa baca Firman lagi...Bahkan daya pendengarannya pun sudah mengikis sedikit demi sedikit. dan aku menyadarinya. sedih rasanya. makanya aku bersyukur banget, sekarang dia masih bisa cerita banyak hal.. dan sangat suka ketika cucu nya menelepon.. he9..(ya saya ini.. cucu berbakti.. ha9)..mendengar cerita dari temen2ku, emak2 ato engkong2 yang masi 60-an,70-an udah harus diladeni punya baby sitter pribadi, pake kursi roda,.. wahh.. sekali lagi, aku lihat kemurahan Tuhan yang luar bisa buat emaq ku ini.. he9.. gmana nggak ?? dia udah perna jatoh 2x.. yang pertama, sebelahtangannya remuk, operasi, n kata dokter, karena uda tua, (tulang mulai keropos) ga mungkin pulih.. hmmm... tapi nyatanya, sekalipun tangannya tidak senormal dulu, dia masih bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga.. walopun gak berat2 banget sih.. he9... yang kedua, ketika tempurung lututnya retak. sempat 1 bulan lebih hanya di ranjang, dan aku pernah melihatnya depresi banget.. tapi dengan doa2nya, akhirnya bisa sembuh... menurutku hal ini ajaib banget deh... (banyak lagi hal lainnya.. yang pengen ak ceritain.. he9). ini foto2 masa suram ketika dia sakitharus di kursi roda... wajahnya bete banget.. tapi, klo dia udah tersenyum, liat aja wajahnya.. kasih Yesus membuat dia tetap bersukacita di tengah penderitaanNya.. he9). dengan usaha yang sangat kecil menarik sudut bibir - senyum, rasanya udah beda, ya... ha9.. jadi tersenyum aja deh ketimbang cembetut...


Emang si, dari ak kecil, aku liat dia sebagai sosok yang rajin berdoa.. he9.. pas aku kecil.. pernah denger beliau doa.. sambil pura2 ngapain gitu.. jadi aku dengerin aja.. yampun.. dari anak paling besar mpe paling bontot.. dari cucu gede mpe paling kecil, yang di bali (saya sekeluarga.. ho9).. mpe yang di sby semua ga luput dari doa2nya.. wahhh.. jadi aku dah kagum ma dia dari kecil, nih.. walopun, .. dulu pas kecil jarang banget ktemu.. karena terpisah selat bali.. wkwkwk... itu mpe sekarang, loh.. sering gitu, ya.. klo pas tidur ma dia, yah terbangun juga pas subuh2.. e.. beliau juga berdoa.. (ngerasa malu bnernya... he9.. tapi saat2 genting seperti itu, rasa ngantuk lebih kuattt... jdinya.. bobo lagi deh.. maluuu)

oya, masakan emaq itu juga enak loh.. sop merah.. misoa.. bistik sapi.. ikan tim.. empal.. jangan asem.. sambel goreng... kekian, dsb.. dsb.. bak cang, kue lobak, kue kering, semprit.... (haiz.. haiz.. koq makanan nya ngalir terus, ya...ha9.. gilerr juga nih.., pas puasa koq posting ttg makanan, yah? >_<.. ) Oyah... ga tau napa, klo emaq masak, walopun masakan sederhana, gampang.. (ngeliatnya) koq rasanya enak, ya.. ??? padaal klo aku coba masak.. ga seenak itu, tuh... wkwkwkwk... (dipraktekin pas di dapur kos ato pas pulg..) kecuali klo masak sama beliau.. (tepatnya diperintah ini, itu.. he9...).Yah.. masakan rumah favorit ya punya emak.. secara.. mama itu tipe pekerja .. jadi ya jarang (bangettt) masak.. jadi, masakan emaq itu ya masakan rumah bwt ak.. mpe skrg pun klo aku pulang k rumahnya, pasti ditanyain, mau maem apa.. wah.. seneng banget.. (penghiburan selama ngekos yang ga pernah makan makanan rumah..he9) 

Setahun ato dua tahun lalu, beliau bisa mengerjakan hampir semua urusan RT.. termasuk merawat halaman, kebun.. bahkan eksperimen setek, cangkok.. (dengan nanya-nanya penjual tanaman keliling.. dan diuji coba berkali-kali,.. walopun ada yang ga berhasil juga..ha9).. tapi akhirnya berhasil juga, loh.. he9.. dia rajin berkebun.. aku sebagai cucu yang baik hati, ringan tangan.. (sungkan ga bantu" kan.. he8) klo pas pulang, bantu nyiram tanaman, mindah2 k pot.. dsb.. dsb.. apa aja deh yang diperintahin..ha9..ini foto emaq pas mau ke Gereja di kebun yang indah nan cantik.. pose-pose dulu..he9.. bagus kan bunga2nya...bagus kan kebunnya.. bunga2nya cantik2 juga, loh..=)..


Umurnya emaq udah 80 taonan, loh.. lebih.. mungkin taon ini 83.. he9.. makae ak kagum banget.. secara.. cucu nya satu ini tipe yang 'cukup' malas mengerjakan semua hal2 RT.. nah laen dengan emaq ku yang rajin banget.. bangun aja subuh2.. nyapu2, masak, beres2in barang,.. nyiram tanaman.. yah walopun semakin tua, aku tau kekuatannya udah ga seperti dulu, dan tidak seaktif dulu, tapi di mataku dia sosok yang luar biasa.. he9. Emaq ini juga pecinta binatang, loh.. dia punya anjing yang sangat disayangi .. he9.. mpe iguana pun dia rajin memelihara.. nih foto keren nya.. (dijamin.. pasti diantara kalian banyak yang 'gilo' ma iguana ini.. - aku sambil moto aja ga berni deket2.. si emaq dengan berani buka pintu kandang yang gede 'n masuk di dalemnya.. hiiiii..... klo saya mah..ogahhh... seGiFo gmanapun,.. wahahahah 'n lagi,wong saya sebagai mantan pemiliknya aja ga berani pegang yang segede2 lengan orang dwasa, tapi emaq berani... wowww...... saya aja cuman berani pegang & ngasi maem yang masi bebii.. he9.. banyak loh sekali masa bertelur, puluhan ..20-30an ekor.. ada yang mau...??? wkwkwk....)

Seperti cucunya, emaq ku adalah orang yang sadar kamera.. he9.. jadi cukup banyak foto2 nya yang bagus.. he9. bersyukur momen2 tersebut bisa diabadikan.. he9.. karena klo sekarang rasanya sulit deh..  pas liburan ke bali .. (dia berlibur di rumah kami.. tahun '07 & '08.. karena setelah itu, ia merasa tidak cukup kuat untuk bepergian jauh) ada foto" yang bagus banget.. he9 , nih  .....

Tahun 2007, pas liburan ke Bali, yang laen berenang (termasuk saya..he9) beliau berjemur di pinggir kolam renang.. he9


Tahun 2008 (terakhir kali pulang ke Bali bareng emaq.. sempet jalan2 di Bali Marine & Zoo Park.. very beautiful place.. itu saya dan kedua adik2..he9.. semoga masi ada waktu ke Bali bareng emaq....^^)


Oiya, ada lagi pas akhir taon 2008, syukur banget dapet kesempatan pulang ke rumahnya waktu dia ulang taon..(padaal salah satu momen ngumpul keluarga besar... ^^.. ciak2an... wkwkwk..) rasanya udah lama sekali ga bisa pulang pas tanggal2 itu (12 des) karena biasanya banyak acara.. KKR kampus, KKR Greja.. hikz.. di satu sisi seneng pelayanan, tapi di sisi lain sedih juga gak bisa pulang.. he9.. tapi gapapa deh,.. akhirnya ada juga kesempatan ngerayain
12 Des 2008, taraaaaaaaa.... ("eh.. ambil tisu sana.. bwat  ngelap iler yang mau nongol.. ha9") Kuenya enak loh.. perjuangan beli kue itu.. he9.. karena menjelang malam jadi bakery dah jam2 tu2p.. tapi syukurnya.. gitu koq nemu.. he9.. Waktu itu mikir juga, masa pulang dengan tangan kosong.. ga ada ngado.. akhirnya kepikiran kue tar.. =).. thx Lord, for a chance 2 give her precious moments on her special day ^^


7 November 2009 kemaren juga masa bersejarah saya.. he9.. akhirnya setelah perjuangan selama 8 semester ngerjain tugas2.. (mpe begadang2 sbagai ank FE UBY) .. stres2 skripsi, ..akhirnya penderitaan sebagai mahasiswa berakhir... Huuuuffffhhhh.... senangnya.. (sebenarnya bagi aku lebih berkesan 20 Juli, pas Skripsi uda disetujui untuk diACC ma dosen.. wkwkwk....) ini foto2 narsis ma emak pas wisud. Walopun emaq ga bisa ikut upacara wisuda di kampus ubaya tercinta ^^.. (lagian ga perlu deh.. koq ga penting bnget, ya??? saya tdk suka dengan seremoni" yang membosankan, panas.. nan melelahkan.. untung aja emaq ga ikut.. kasian klo hrs mengalami penderitaan ku pas upacara ha9..) Tapi gapapa deh.. yang penting masi bisa eksis di foto.. ha9...


Demikianlah sedikit cerita saya ttg seseorang yang berharga di hati ini.. (cieileee... ). banyak banget teladan, kenangan 'n hal" yang berharga ak dapet dari emaq.. (sapa tw tar kapan2 cerita ttg emaq lagii.. he9.. )..so glad that i hav u in my life ..^^.. my luphly granny... yah seperti timotius yang dapet warisan iman dari neneknya eunike, aku juga mau deh diwarisin iman, kerajinan, dsb.. dsb...hahahahaha...(**ngarep mode on**) nantikan kisah" selanjutnya.. (nunggu 'mood' nya dateng... wkwkwk....)

1 comment:

  1. Aku dicky di Blora,,salam kenal y...
    niat mau cari info tentang iguana tau2 nemuin blog ini...
    co cwetttt banget .. mmmmm..... sayang oma aku dah meninggal,,, aku jg sayang banget ma dia,,,, sekarang hanya bisa do'ain biar omaku tercinta tenang di alam sana,,,, AMIN....

    siganteng_gociel@yahoo.com

    ReplyDelete