Tuesday, February 09, 2010

want to.... 'Explode' (not being a self bomber)

Pernah merasa ingin 'meledak' ... ? mungkin karena kejenuhan, rutinitas, kesibukan.. ato segudang masalah" khidupan... he9.. (bersyukurlah.. karena hal itu berarti kita semua masih 'hidup'.. ha9.. kan cuman penghuni kuburan aja yg ga ada mslh2 idup.. he9.. jk)
berarti kmu gak sendiriannnn... (karena saya pun pernah.. he9.. 'n rasanya banyak juga org stres, depresi, .. tertekan diluar sana.. tp jangan tambah meratapi nasib, ya.. tar tambah parah.. ^^)

Kita harus tau daya tahan diri kita dalam menghadapi tekanan,.. ketika pengen 'meledak' berarti 'lava2 yang menggelegak dalam diri' kita butuh disalurin.. (cieiileee.. bahasanya.. prekitiuuu...). nah.. dengan cara apa biasanya kita 'menyalurkan' lava2 itu?? he9.. klo ada orang2 ttt yang 'penyaluran' nya ke alkohol, dugem, jalan2, dsb dsb.. nah klo qta ank Tuhan, kan harus yang beda..=). Klo saya scr pribadi, seringnya si tidur, jalan2,.. baca2.. (selaen berdiam diri & berdoa.. he9).. nah perlu nih tau batas2 diri qta, jd ibaratnya mesin, harus diistirahatkan.. klo komputer.. harus dimatiin ato refresh.. ^_^.. jangan sampe kita 'meledak' (di tempat/ cara yang salah..) dan akhirnya malah nambah masalah2 baru.. (mis : stres, trus marah2 ngomel2 di kantor.. ga pada tempatnya gitu. dijamin kita dapet masalah baru.. he9)


Cerita salah satu pengalaman saya yang terbaru.. ha9.. Lagi pengen cerita2 nih.. ttg yang kualami bbrp hari lalu. mungkin hal yang biasa, umum,.. ato mungkin saking terlalu 'biasa' nya, seringkali kita tidak menyadarinya.. he9.. pengen nulis pengalaman ini karena bbrp hari yang lalu 'pas' kejadiannya, aku  bertanya-tanya.. koq bisa, ya...??he9... seperti judulnya, waktu itu, pas +aku lagi ada beban2.. (tugas, tanggungjawab,.. segala hal ttg pelayanan dah pokoknya) yang berat bgt.. rasanya pengan 'meledak'.. (karena ga tahan).. he9.. rasanya dah gak sanggup lagi..

'n finally.. pada suatu malam.. ya meledaklah semuanya...yah, sekalipun saya bkn org yg melo.. (klo di depan Tuhan kan beda.. ha9.. beda klo depan manusia.. gengsi bok.. wkwkwkwk) tp, klo dah stres berat, pasti meledak juga.. yah.. seperti biasa.. klo udah gitu tiada kata terucap, .. untung dalam doa.. 'n yah bener juga, skali lagi berdiam dan mengalami Tuhan adalah gembala yang baik, membawa kita ke air yang tenang.. Dia adalah pribadi yang lembut dan paling tahu caranya meneduhkan hati ku.. he9.. ('n setiap hati kita).. setiap gunung2 masalah..  beban2.. koq yah akhirnya bisa teratasi.. he9

Jadi teringat kotbah pas masih di PD kampus, yang kotbah salah satu pembimbing PD kami.. (dan alumni kampus tercinto.. ha9) pernah bilang klo air mata itu pencuci hati. pembasuh jiwa. yah dari sana sih akhirnya aku sadar. ada saat2 dimana dalam kehidupan kita, air mata menjadi ekspresi jiwa kali ya.. ha9.. (secara rohani sih gitu.. dari sisi psikologi bs juga, gak , ya.. **curious mode on**) sama dengan yang kualami bbrp saat lalu, setelah 'meledak' .. koq lgsg 'refresh' yah??? ha9.. tp selaen air mata. menurutku (pengalaman pribadi) adalah kebutuhan untuk menumpahkannya ke orang lain. he9.. walopun gak perlu solusi deh klo posisi seperti itu.. he9..

Trus ak terlintas pikiran.. apa yang ngerasa gini cuman kaum hawa aja, ya?? kan klo cowo mikir logika. jd sekalipun share harus ada solusi (katanya...) tapi klo cewe mah (rata2.. survei ke teman2 sndr.. ha9) ga perlu solusi pas saat genting gitu.. wkwkwk.. nah itulah.. jadi, tips saya.. klo ada cewe yg curhat, trus nangis2 gak jelas,  walopun kalian gak ngerti yang diomongin apa.. biarin aja, jangan tambah diinteroh\gasilah, ditanyain duduk  masalahnya, mo ngasi solusi2 segala.. supaya masalah terpecahkan??? (walopun maksut baek pengen bantu, tp percayalah.. bukan itu sebenernya 'bantuan' yang diperluin/diinginkan si 'korban'... wkwkwkwk)

Yah itulah keunikan cewe kali, ya..(knapa cewe?? krn saya tdk tahu.. pa cowo pernah nangis ya klo stres, tertekan, dsb??? ha9.. mungkin perlu survei kecil2an..di kalangan teman2..wkwkwk.. tp sejao pengamatanku. kayanya klo kaum adam kebanyakan diem,.. hmmm..)  yah intinya.. untuk menenangkan badai dalam hati hadirat Tuhan itu paling manjur, karena hanya di dalamNya kita mendapatkan kekuatan, pengharapan, dan keberanian untuk tetap melangkah. keberanian untuk tetap percaya. keberanian untuk melakukan banyak hal bagi Dia.. =)

'n sometimes.. ketika kita tidak merasakan 'Kasih' itu langsung dari Tuhan, keberadaan sodara2 dalam Tuhan itu sangat menguatkan. menjadikan kasihNya lebih nyata.. (terimakasih ya teman2..^_^)

Hanya di dalam Dia, air mata 'kesesakan', 'stres',.. 'kesedihan'..bahkan 'kemarahan' dapat menjadi sukacita.. pasti karena ketika kita memberikan air mata qta, Dia akan menyalurkan sukacitaNya dalam hati kita.. damai sejahtera yang tidak akan diperoleh dimanapun selain di hadiratNya =)
(bener kata lagu anak2 sekolah minggu "Yesus angkat bebanku, dan buang ke kaut.. byurr.. buang ke laut.. buang ke laut... he8.. Tuhan qta emg luar biasa.... ada yang trbeban berat? pengen 'meledak' ??? ledakin aja.. tapi dalam hadirat Tuhan.. he9..)

No comments:

Post a Comment